Daftar Isi :





Senin, 08 Juli 2013

Amankah Obat Pengusir Nyeri Haid..?

Dysmenorrhea merupakan istilah untuk menunjukan rasa nyeri menjelang, saat, hingga beberapa hari masa menstruasi. Memang tidak semua wanita mengalami dysmenorrhea. Hal ini dipengaruhi oleh jumlah prostaglandin yang dikeluarkan saat menstruasi dan ambang kemampuan wanita tersebut dalam mengatasi nyeri. Setidaknya lebih dari 50 persen wanita mengalami 1-2 kali dysmenorhea setiap bulannya.


Berikut tips mengurangi nyeri tersebut:

Non-Obat
Olahraga teratur mampu mengurangi rasa nyeri. Olahraga mampu meningkatkan aliran darah ke organ rahim sehingga gangguan aliran darah akibat prostaglandin berkurang. Olahraga juga mampu meningkatkan relaksasi seseorang sehingga meningkatkan ambang batas terhadap nyeri. Selain itu, tidur cukup dan latihan relaksasi berperan dalam menjaga aliran darah serta meningkatkan ambang batas nyeri.

Obat
Pada beberapa kasus dysmenorrhea, pemberian obat penekan rasa nyeri golongan NSIDs (Ibuprofen, Aspirin, Paracetamol) biasanya  cukup untuk mengatasi dysmenorrhea, dan bila Anda mengonsumsi 2-3 tablet sehari, itu masih dalam dosis yang wajar. Seandainya perlu, kombinasi penggunaan pil kontrasepsi dapat dipertimbangkan apabila telah dikonsultasikan dengan dokter.

Jika Anda memiliki masalah lambung, alergi terhadap salah satu obat golongan NSIDs, dan BAB (Buang Air Besar) kehitaman setelah mengonsumsi NSIDs, Anda disarankan menghentikan penggunaan obat NSIDs yang telah dikonsumsi tersebut, dan Anda perlu konsultasi dengan dokter untuk tindakan selanjutnya.


Anda dapat mencoba kedua cara di atas untuk membantu mengurangi rasa nyeri yang Anda alami, sehingga aktivitas saat menstruasi dapat berjalan dengan lancar dan tanpa gangguan. Bila masih terus berlanjut, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk mencari tau apa ada gangguan dari organ reproduksi Anda yang menyebabkan rasa nyeri tersebut tidak teratasi.(sip)

Semoga bermanfaat.

dr. Margareta Amelia
www.MeetDoctor.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Kunjungannya, Silahkan Komentarnya ditunggu....